Powered By Blogger

Senin, 29 Maret 2010

Mengenal Bengkulu yukkk..

        Bengkulu dimana seeh . ? ? ?
Ada yang tau.? Wah ini bahaya kalau orang Indonesia sendiri gak tau dimana kota Bengkulu, tapi kenyataannya memeng begitu. Gak percaya, coba Tanya orang yang tinggal diluar bengkulu terus Tanya bengkulu itu dimana.? Saya pernah bertanya ehhh… jawabanya malah “Bengkulu dipulau Kalimantan ya”, kalo kata bang haji TERLALU.
Ya udah dee tak kasih tau aja, BENGKULU ituada di REPUBLIK INDONESIA terletak dipulau SUMATERA, Indonesia. Bertetangga dengan Sumatera Barat (PADANG), JAMBI, Sumatera selatan (PALEMBANG) dan LAMPUNG. Bengkulu seeh emang masih tergolong kota kecil jadi wajar saja banyak yang tidak mengetahuinya.
SEJARAH BENGKULU
Jaman dahulu wilayah bengkulu pernah berdiri kerajaan-kerajaan yang berkuasa dibengkulu yang berdasarkan etnis sepertu:
>kerajaan Sungai Serut
>Kerajaan Selebar
>Kerajaan Pat Petulai
>Kerajaan Balai Buntar
>Kerajaan Sungai Lemau
>Kerajaan Sekiris
>Kerajaan Gedung Agung
Sebagian wilayah Bengkulu, juga pernah berada dibawah kekuasaan Kerajaan Inderapura semenjak abad ke-17.
British East India Company (EIC) sejak 1685 mendirikan pusat perdagangan lada Bencoolen dan kemudian gudang penyimpanan di tempat yang sekarang menjadi Kota Bengkulu. Saat itu, ekspedisi EIC dipimpin oleh Ralph Ord dan William Cowley untuk mencari pengganti pusat perdagangan lada setelah Pelabuhan Banten jatuh ke tangan VOC, dan EIC dilarang berdagang di sana. Traktat dengan Kerajaan Selebar pada tanggal 12 Juli 1685 mengizinkan Inggris untuk mendirikan benteng dan berbagai gedung perdagangan. Benteng York didirikan tahun 1685 di sekitar muara Sungai Serut.
Sejak 1713, dibangun benteng Marlborough (selesai 1719) yang hingga sekarang masih tegak berdiri. Namun demikian, perusahaan ini lama kelamaan menyadari tempat itu tidak menguntungkan karena tidak bisa menghasilkan lada dalam jumlah mencukupi.
Sejak dilaksanakannya Perjanjian London pada tahun 1824, Bengkulu diserahkan ke Belanda, dengan imbalan Malaka sekaligus penegasan atas kepemilikan Tumasik/Singapura dan Pulau Belitung). Sejak perjanjian itu Bengkulu menjadi bagian dari Hindia Belanda.
Penemuan deposit emas di daerah Rejang Lebong pada paruh kedua abad ke-19 menjadikan tempat itu sebagai pusat penambangan emas hingga abad ke-20. Saat ini, kegiatan penambangan komersial telah dihentikan semenjak habisnya deposit.
Pada tahun 1930-an, Bengkulu menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Sukarno. Di masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi isterinya.
Setelah kemerdekaan Indonesia, Bengkulu menjadi keresidenan dalam provinsi Sumatera Selatan. Baru sejak tanggal 18 November 1968 ditingkatkan statusnya menjadi provinsi ke-26 (termuda sebelum Timor Timur).
Saat ini suku yang bermukin di wilayah Bengkulu ada suku Jawa, Rejang, lembak, Serawai, Melayu Bengkulu, Minangkabau dan sundah. Dengan luas 19.788,70 km² dan berpenduduk kurang lebih 2juta jiwa, Provinsi Bengkulu Memiliki 8 Kabupaten dan s1 (satu) kota.
Bahasa yang digunakan:
Rumah Tradisional Bengkulu Adalah PUSAKO BUBUNG LIMO dan Senjata Tradisional Bengkulu adalah KERIS BENGKULU.
Nahhh… ini dia tempat wisata yang ada di Provinsi Bengkulu, sebagian dari tempat wisata ini masih alami, cocok banget buat liburan dan rekreasi bareng keluarga. TERTARIK. ? ? ? boleh deeh dating ke-Bengkulu, gak nyesal kok, pantainya gak kalah deeehh sama pantai kute Bali, hehehe.. latang dan liat langsung aja deeee…
WISATA ALAM BENGKULU
1. Pantai Panjang
2. Pantai Pasir Putih
3. Pulau Tikus
4. Danau Dendam Tak Sudah
5. Tapak Padri dan Pantai Jakat
6. Taman Hutan Hujan Tropis (Tahura)
7. Bunga Raflessia Arnoldy
8. Bunga Kibut (Amorphopalus Titanuum)
9. Anggrek air Vanda Hookeriana
OBYEK WISATA KEBUDAYAAN BENGKULU
1. Benteng Marlborough
2. Rumah Pengasingan Bung Karno
3. Parr and Hamilton Monuments
4. Museum Propinsi Bengkulu
5. Rejang Lebong (Air Terjun Suban)
6. Danau Pematang
7. Danau Tes
8. Kolam Renang Tabarena
9. Air Terjun Kepala Curup
10. Sungai Air Putih
11. Makam Sentot Alibasyah
Wahhh.. capekk nulis mulu… sebenernya masih banyak niihhh yang mau di ceritakan, soalnya masih banyak sekali wisata yang ada di bengkulu ini, artikel selanjutnya mungkin akan membahas lebih lengkap lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar